Tuesday, March 13, 2012

Hi[s]tory: His Story | History --- Opening and Introduction


*****

Kami menyukai kisah-kisah. Kami juga menyukai hubungan romantis antara rumah dan perjalanan. Bagi kami, kedua hal tersebut memiliki kisah yang kaya sekaligus personal.

Dalam pameran ini, Octo menawarkan sebuah kisah tentang rumah, kota asal, dan sepenggal sejarah yang buru-buru ia ceritakan sebelum ingatannya memudar seperti foto-foto yang tergerus waktu. Octo semacam membuat monumen ingatan atas kota asalnya yang telah ditinggalkan sekaligus masih disebutnya sebagai 'rumah'.


Di sini, Octo 'pulang' dengan caranya sendiri; mengembara waktu dengan teko bersayap, membangun hutan seperti yang diingatnya saat masih kecil, helipad untuk burung bersayap pesawat,dan berbagai imaji tentang laut. Makhluk kecilnya dibuat dengan kayu buah Kawista yang juga merupakan buah kebanggan kota tersebut.

Kami mengenal Octo sebagai seorang perupa yang karya-karyanya cenderung maskulin dan dalam waktu yang bersamaan terlihat manis, detil, serta sensitif. Dia juga memiliki cara tutur personal yang menyenangkan. Begitu menyenangkannya, hingga proses pembuatan karya sampai pamerannya pun dilakukan dengan ringan dan spontan. Kami semua bersenang-senang dalam pengerjaannya.

Seakan ingin membagi kesenangannya, karya-karya Octo dibuat interaktif dan bisa dimainkan oleh para penikmat pameran ini. Mulai dari kincir yang bisa ditiup, pintu-pintu kecil yang bisa dibuka, buku foto mini yang dilihat melalui kaca pembesar, dan kesenangan-kesenangan kecil lainnya.

Selamat menikmati!

--Lir Space--

*****


*****

Hi[s]tory 
9-25 Maret 2012
10am-8pm Tuesday-Sunday

at Lir Space
Jl.Anggrek 1/33 Baciro
Yogyakarta

Artist talk: March 22, 2012 | 3pm

*****

*****

Please contact us lirspace@gmail.com to get photos and list of Octo's work

*****


No comments: