Saturday, February 11, 2012

Kebun Binatang Ojanto: Pembukaan


*****

Perkenalan kami dengan Nest of Ojanto adalah ketika kami bertemu pada masa awal berdirinya Lir Shop. Meskipun begitu, kami sudah mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan duo Ojan dan Putri sejak mengadakan kelas di sebuah rumah makan.

Perkenalan itu kemudian berkembang dengan cukup cepat. Kami pun secara spontan merencanakan berbagai kegiatan di Lir Shop, seperti “Sambil Menyulam Minum Air”, “Ngabubulir”, dan beberapa rencana lainnya. Tanpa sadar, banyak hal yang kami perhatikan melalui gerak-gerik mereka berdua dalam melakukan berbagai aktifitas mereka. Dan dari hal-hal kecil itulah semua rencana memunculkan Nest of Ojanto dalam sebuah pameran tunggal muncul.

Nest of Ojanto untuk kami adalah semacam laboratorium, dimana kedua penggagasnya dengan sangat antusias melakukan berbagai eksperimen. Meski mereka secara spesifik memfokuskan diri pada screen printing, namun mereka tidak menutup kemungkinan untuk mempelajari hal-hal lainnya. Kemampuan serta hasrat mereka dalam bereksperimen ini yang kemudian kami lihat sebagai nilai lebih yang dapat memberi pengalaman baru dalam pameran tunggal mereka.

Pada pameran tunggal ini Nest of Ojanto ini akan menghadirkan sebuah konsep kebun binatang. Untuk kami, tawaran gagasan ini terasa sangat imajinatif. Mereka mencoba mengkonversi kebun binatang yang luas dan berisi berbagai macam binatang ke dalam sebuah ruang yang tidak lebih besar dari 3x3 meter. Memunculkan imajinasi menjadi sesuatu yang riil tentunya menuntut pembacaan situasi yang tepat, dan Nest of Ojanto tentunya telah mempersiapkan berbagai strategi yang menarik. Akhir kata, mari berpiknik bersama ke dalam kebun binatang imajinasi dari Nest of Ojanto. (Lir Space)


*****






 Foto oleh Dito Yuwono
 More photo: here!

1 comment: