Friday, February 24, 2012

Idea Club: Belkastrelka - Bela Bangsa Group Exhibition



*****

Jogjanews.com -Belkastrelka, sebuah band yang bernuansa elektronik sedang membuat sebuah project kolaboratif yang melibatkan berbagai pihak untuk membuat sebuah pameran yang membicarakan tentang Indonesia.


Ya, project yang digagas sjak tahun lalu ini adalah proses lanjutan dari album mereka, “Bela Bangsa”. Minggu sore, 19 Februari 2012 lalu, Yennu Ariendra dan Asa Rahmana yang merupakan personil dari Belkastrelka hadir dalam Idea Club di LirShop, Baciro.

Idea Club sendiri adalah sebuah klab yang mengundang siapa saja untuk berbagi cerita seputar project yang nantinya diharapkan dapat terealisasi dan dipamerkan di LirShop.

Belkastrelka kali ini mengisi Idea Club sebagai bagian dari rencana project Bela Bangsa. Selain untuk memperkenalkan kembali project pameran Bela Bangsa, kali ini Belkastrelka berusaha untuk mempertemukan para kolaborator pameran yang selama ini hanya saling bertemu via jejaring sosial.

Gagasan pameran ini sebenarnya sesederhana membicarakan Indonesia seusai pengalaman pribadi masing-masing orang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak muncul cerita-cerita personal dan lokal yang kemudian muncul. Berbagai latar belakang para partisipannya pun turut memperkaya gagasan “Bela Bangsa” itu sendiri. Hal-hal personal ini lah yang kemudian jika disatukan dalam sebuah pameran dapat memberi gambaran besar tentang Indonesia. 

Pameran ini rencananya akan diselenggarakan pada Maret-April di LirShop. Dan menurut Yennu,project Bela Bangsa ini diharapkan dapat menjadi sebuah catatan dokumentasi berupa buku. 

*****













*ditulis oleh Dito Yuwono untuk Jogjanews.com*
Photo oleh Dito Yuwono

No comments: